Get me outta here!

23 Agu 2011

"Negeri 5 Menara", karya sastra anak Minang


Baru-baru ini ca membaca sebuah novel mengesankan yang membuat hati ca rindu kampung halaman. Novel tersebut berjudul “Negeri 5 Menara”. Novel in ca beli sekitar setahun yang lalu karena sedang ada diskon di toko buku (ca memang pencinta berat buku dan diskon, apalagi buku yang didiskon :p). Baru-baru ini setelah membersihkan kamar (yang terakhir kali ca lupa kapan pernah ngebersihinnya), ca nemuin novel itu di tumpukan textbook.

Kembali ke novel Negeri 5 Menara, novel tersebut bercerita tentang Alif, seorang anak dari daerah Maninjau Sumatera Barat, yang diminta ibunya untuk belajar di Pondok Pesantren madani jawa Timur. Seumur-umur Alif tidak pernah meninggalkan Sumatera Barat. Ibunya ingin dia menjadi ahli agama seperti Buya Hamka, walaupun dalam hati Alif ingin jadi seperti Pak Habibie.

Namun, sebagai anak yang patuh pada orang tua, Alif mengikuti nasehat ibunya untuk menekuni ilmu agama di Pondok Pesantren Madani. Di hari pertama di Pondok Madani, Alif terkesima dengan mantera sakti “man jadda wajada”, Siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia yang akan mendapat. Dipersatukan oleh hukuman jewer akibat terlambat pergi ke mesjid untuk salat, Alif berteman dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa. Alif dan teman-teman diwajibkan berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris setelah 3 bulan tinggal di pondok. Subhanallah, Allah memang luar biasa, mereka berhasil berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris bahkan sebelum mereka sadar bahwa mereka bisa.

Selama bersekolah di pondok, Alif menerima surat dari Randai, temannya Alif yang bersekolah di SMA Bukittinggi. Dalam hati kecil Alif, ia cemburu karena temannya bisa bersekolah di SMA. Sampai tahun terakhir pun Alif masih gundah akan keputusannya masuk pondok. Hal itu disampaikannya kepada Ibunya. Ibunya sedih karena telah memaksa anaknya uuntuk masuk pondok, namun sang Ibu tetap berpendirian bahwa itulah yang terbaik untuk anaknya. Ayahnya juga memberikan gagasan agar alif menamtkan sekolahnya di pondok, dan kemudian nantinya baru menempuh ujian penyetaraan SMA.

Novel ini merupakan salah satu dari trilogi yang dibuat oleh A.Fuadi (A nya itu apa yah *wondering*).

Yang paling membuat ca terkesan, banyak kemiripan dalam hidup yang ca alami dengan jalan cerita di novel ini (tapi ca sih gak masuk pondok). Nanti saja dibahas di post selanjutnya.

Syukran, terimakasih sudah membaca :D

0 comments:

Posting Komentar

Thank you for your kindness feedback